Kamis, 29 November 2012

Artikel Saya tentang cinta tanah air dan karakter berbangsa dan bernegara



Pengaruh dan Wujud Karakter Bangsa dan Cinta Tanah Air

Karakter yang ada di Indonesia sangat beraneka ragam , tidak ada  manusia yang berkarakter sama , walaupun orang itu kembar pasti memiliki karakter berbeda .Perbedaan karakter yang dimiliki setiap orang harus dibimbing melalui pendidikan formal yaitu sekolah .
Sekolah memiliki pengaruh besar dalam pembentukan karakter ,karena di sekolah kita mempunyai banyak teman  , dan dilatih kedisiplinan . Namun ,sekarang sekolah bukan tempat yang tepat untuk membentuk karakter , melainkan hanya tempat untuk mencari “nilai”.Pengalaman yang saya alami ,banyak dari siswa yang pergi kesekolah hanya untuk mencari nilai semata .Hal ini terbukti dengan usaha mereka untuk mencari kunci jawaban ,berdiskusi, melihat buku saat ulangan..Sampai sekarang hal itu belum pudar sehingga menjadi kebiasaan bagi mereka.Pengalaman itu dapat saya simpulkan bahwa siswa tidak mempercayai kemampuan serta potensi yang ada pada diri mereka.Sebenarnya ,mereka mampu menjawab pertanyaan itu namun saat ujian mereka tidak percaya diri untuk  menjawab soal ujian,pembinaan karakter seperti ini membuat siswa tidak jujur .
Pembinaan karakter yang berkualitas harus dilakukan secara langsung, misalnya siswa yang melihat sampah akan mengambil dan membuang ke tempat sampah, hal ini menunjukkan bahwa siswa bertanggung jawab untuk membuat sekolah bersih dan asri

Pembinaan yang berkualitas bisa didapatkan dari lingkungan masyarakat salah satunya dengan bergotong royong dengan membersihkan lingkungan . Bergotong royong bisa menciptakan rasa kesamaan dan saling menghargai

Siswa yang berkarakter akan cinta tanah air yang berarti cinta terhadap NKRI. Indonesia adalah tanah air yang telah kita peroleh dengan perjuangan yang sungguh berat dengan mengorbankan seluruh nyawa. Kita sebagai warga Republik Indonesia wajib membela dan memperjuangkan negara yang diperoleh dengan penuh pengorbanan . Namun Seiring berjalannya waktu segala hal yang telah diperjuangkan sudah mulai dilupakan, karena terjadinya globalisasi di Indonesia,globalisasi sangat mempengaruhi  penerus bangsa dari segi pola pikir , tingkah laku , gaya hidup dll . generasi pemuda cenderung meniru negatifnya daripada positif. Kita lihat dari peristiwa-peristiwa yang terjadi sekarang korupsi,mengkonsumsi narkoba,berpakaian tidak sopan,seks bebas sudah menjadi hal yang lumrah .

Dengan hal itu saya berkeinginan supaya karakter yang ada pada pemuda Indonesia bisa terbimbing kepada hal yang positif , supaya tidak ada lagi yang namanya tawuran,korupsi,mengkonsumsi narkoba,  berpakaian tidak sopan. Di Indonesia hal itu dapat dapat diwujudkan dengan pendidikan karakter sejak dini. Cinta tanah air adalah dengan cara membeli produk yang dihasilkan Indonesia , melakukan upacara bendera , melestarikan budaya,masakan dan pakaian daerah yang ada di Indonesia. Dengan berkarakter bangsa dan cinta tanah air saya mengharapkan Indonesia menjadi bangsa yang sejahtera .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar