1. Ahli di bidangnya.
Jangan
pernah puas hanya dengan menyelesaikan tugas yang telah diberikan
atasan anda dengan baik. Buatlah standar yang tinggi untuk diri anda
sendiri, susun kerangka kerja yang mampu memudahkan pekerjaan anda
sehingga dengan demikian anda dan rekan kerja bisa lebih produktif.
Untuk itu, anda perlu tahu sampai sedetil-detilnya tentang pekerjaan dan
tanggung jawab yang anda emban. Kalau perlu, jangan ragu-ragu untuk
membantu pekerjaan rekan-rekan anda atau mengajari teman yang bertanya
mengenai hal-hal menyangkut pekerjaan yang anda ketahui.
2. Sensitif
Untuk
kemajuan anda sendiri, anda harus mengenal karakter lingkungan, atasan
dan rekan kerja anda. Ingatlah bahwa setiap orang mempunyai gaya yang
berbeda-beda.Hormati kebiasaan orang lain yang mungkin menurut anda
cukup mengganggu, seperti
mengunyah permen karet, merokok,
bergosip-ria atau memakai telepon untuk kepentingan pribadi. Jadilah
pendengar yang baik dan seandainya bisa, jangan ragu-ragu untuk
mengulurkan bantuan. Usahakan agar anda dapat masuk ke kelompok manapun.
3. Bisa diandalkan
Caranya
adalah dengan tiba di kantor lebih cepat, dan kalau perlu pulanglah
lebih telat seandainya pekerjaan anda belum selesai. Selesaikan semua
tugas/proyek yang diberikan secara tepat waktu. Seandainya muncul
masalah yang tidak terduga yang mampu menyebabkan anda tidak bisa
menyelesaikan tugas atau proyek dengan tepat waktu, sampaikan dengan
orang-orang yang bersangkutan. Dengan begitu baik atasan maupun rekan
kerja anda akan menghargai usaha anda.
4. Fleksibel dalam bekerja.
Fleksibel
di sini maksudnya adalah jangan pernah terpaku pada pekerjaan yang
ditugaskan atau pada jadwal kerja. Tunjukkan kemauan anda untuk belajar
mengenai hal-hal baru. Seandainya anda harus menata ulang jadwal yang
telah anda susun setiap hari, lakukan itu demi pekerjaan anda. In order
to be successful, you have to work twice as hard as everybody else.
5. Integritas yang tinggi terhadap pekerjaan
Ada
beberapa hal yang dapat dijadikan patokan bukti integritas anda pada
pekerjaan.Jangan pelit memberikan pujian atau kredit pada orang lain
yang mampu melakukan pekerjaannya dengan baik. Jangan melihat masalah
dari sisi negatif, melainkan anggap saja hal tersebut merupakan
kesempatan untuk tumbuh dan belajar. Jangan menyalahgunakan jadwal
istirahat makan siang, ijin sakit atau kemudahan-kemudahan lain yang
telah disediakan oleh atasan anda. Dan terakhir, berhati-hati saat
menggunakan fasilitas perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar